Cara Membuat Pupuk Organik Cair DZA

Karakteristik Pupuk Organik Cair DZA (POC DZA) sedikit berbeda dengan kebanyakan pupuk yang ada di pasaran. Kebanyakan pupuk lain yang berfungsi sebagai penyedia unsur kebutuhan tanaman. POC DZA pada dasarnya adalah bakteri mikroba (jenis baru), bakteri inilah yang akan menghasilkan/memperbanyak unsur hara dan unsur-unsur lain yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti mengikat nitrogen dari udara, mengikat fosfor, mengikat kalsium, dan lain-lain. Proses pembuatan POC DZA ini sangatlah mudah, namun dalam prakteknya selalu terdapat perbedaan hasil akhir. Ini dikarenakan adanya ketidakseragaman dalam proses pembuatan POC DZA.

Masalah ini dapat diminimalisir dengan adanya Starter untuk membuat bakteri. Jadi kita tinggal membuat media perkembangbiakan bakteri saja, kemudian ditambahkan Starter, maka hasilnya dijamin akan sama.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah usahakan gunakan air SEMINIMAL mungkin, atau bila harus menggunakan air saat proses penggilingan, gunakan air kelapa basi. Air yang terlalu banyak dapat mempengaruhi perkembangan bakteri sehingga kualitas pupuk menjadi kurang baik.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Pupuk Organik Cair DZA adalah sebagai berikut :

1. Kirinyuh (Chromolaena Odorata)

2. Kembang Bulan (Tithonia Diversifolia)

3. Babadotan (Ageratum Conyzoides)

4. Sintrong (Crassocephalum Crepidioides)

5. Kaliandra (Calliandra Calothyrsus)

6. Pakoasi

7. Serunai (Sphagneticola trilobata)

 

8. Bayam Liar (Amaranthus Spinosa)

9. Jalantir (Conyza Sumatrensis)

10. Tali Putri (Cuscuta Australis)

11. Kersen (Muntingia Calabura L.)

12. Kecoa

13. Air Kelapa Basi / Bari

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

Cacah (potong hingga menjadi kecil) semua bahan yang diperlukan, kemudian satukan dan rendam dengan air kelapa basi. Tujuan perendaman ini adalah agar pada saat proses penggilingan, mesin dapat menggiling dengan sempurna, karena biasanya mesin giling selalu membutuhkan air untuk menggiling bahan dengan sempurna. Namun, apabila tidak ada air kelapa tidak apa-apa, hanya usahakan untuk menggunakan air seminimal mungkin.
Giling bahan yang telah dicacah. Apabila tidak ada mesin giling, boleh ditumbuk.

Setelah bahan menjadi lembut, masukkan kedalam tong, beri sedikit lubang udara diatasnya karena bahan ini menghasilkan gas. Kemudian putar (aduk) berlawanan arah jarum jam. Selama 2 (dua) minggu pertama putar minimal 3x sehari selama @15 menit.

Setelah 2 minggu pertama waktu pemutaran menjadi fleksibel, boleh sehari sekali atau seminggu 3x. Karena pada tahap ini tidak ada perkembangan yang signifikan pada bakteri walaupun Akang Teteh setiap hari melakukan pemutaran.

Setelah minimal 1 bulan, pupuk ini sudah jadi. Pada saat jadi, bahan akan berubah menjadi cairan dan ampasnya hanya tinggal sedikit.
Saring air dari tong tersebut.

Selamat…!!! Akang Teteh telah berhasil membuat pupuk HI

Untuk dosis masing-masing bahan adalah sebagai berikut :

Kirinyuh                                  1 Kg
Kembang Bulan                     1 Kg
Sintrong                                  2 Ons
Babadotan                              3 Ons
Kaliandra                                1 Ons
Seruni                                      1 Ons
Bayam Liar                             2 Ons
Pakoasi                                    5 Ons
Tali Putri                                 1 Ons
Jalantir                                    1 Ons
Kecoa                                  Secukupnya
Air Kelapa                          Secukupnya

Bila ingin memproduksi pupuk lebih banyak Akang Teteh bisa menambahkan bahan sesuai kebutuhan dengan tetap memperhatikan rasio bahan dengan mengikuti dosis diatas.

Semoga  Akang-Teteh produsen pupuk selalu sukses dan bisa memberikan nilai tambah bagi negara Indonesia yang notabene negara agraris namun belum mampu untuk swasembada pangan. Dan untuk Akang Teteh yang telah mempelajari cara pembuatan POC DZA, agar bisa mempraktekkan dan mengajarkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan pupuk yang murah, berkualitas dan sangat ramah lingkungan ini.

2 thoughts on “Cara Membuat Pupuk Organik Cair DZA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Insert Captch *