Baterai Thorium dari Inovator Asal Bandung – Fakta dan Tantangan

Admin LANTERHAWATCH menemukan info berita ini di media online Metrotvnews ,yang memberitakan :

Seorang pria di Bandung Jawa Barat menemukan generator yang menghasilkan tenaga listrik tanpa harus mengandalkan bahan bakar yang umum dipakai saat ini. Orang tersebut bernama Dicky Zainal Arifin, beliau menyebut temuannya dengan istilah Baterai Thorium.

http://m.metrotvnews.com/jabar/peristiwa/RkjyGmQb-pria-asal-bandung-kenalkan-tenaga-listrik-tanpa-bbm

Menurut Kang Dicky, Baterai Thorium hanya memerlukan air dan bebatuan sebagai penyuplai energi listrik. Kok seperti sederhana sekali ya? Admin pun awalnya membayangkan thorium itu sifatnya seperti uranium, membutuhkan reaktor yang besar dan canggih untuk bisa menghasilkan listrik.

Menurut Kang Dicky yang sebelumnya dikenal sebagai inovator Generator Tanpa Bahan Bakar tersebut, baterai Thorium dapat dimanfaatkan untuk alat-alat kelistrikan perlengkapan rumah tangga seperti setrika, televisi, dan lampu.

baterai thorium kang dicky zainal arifin 07

Foto-foto berikut adalah dokumentasi saat Baterai Thorium diperkenalkan di acara Latgabnas LSBD Hikmatul Iman (sekarang LANTERHA) di Yogyakarta. Peristiwa inipun diliput oleh Harian Umum Republika.


Berikut ini adalah perkembangan penelitian dan pengembangan Baterai Thorium yang makin ke sini makin disempurnakan.

Inovasi tiada henti terus dilakukan agar dihasilkan produk yang semakin efektif dan efisien.

divider

Admin pribadi sih lebih memilih “lempeng” dan Open Mind saja, meskipun Kang Dicky tidak bertitle Profesor dari Universitas ternama, siapa tahu penemuan Kang Dicky tersebut memang benar bisa diaplikasikan dan bermanfaat untuk umat. Memang tidak mudah, dan ini tidak instan, masih butuh proses untuk menyempurnakan ide-ide hingga memproduksinya secara massal di kemudian hari.

Tapi kalau anda mau ikutan skeptis hingga negator seperti cuplikan-cuplikan komentator di bawah ini ya silahkan. Itu hak Anda. Bukankah proses berpikir ke arah yang lebih baik bisa kita awali dari sikap skeptis? 🙂

Ada sih diantara kaum skeptis yang berusaha meyakinkan pembaca bahwa dia hanya mencoba berfikir lebih logis saja….

Komentar Rian Lebih Masuk Nalar dibanding Nyinyir HIW yang lain

Itu sudah mulai dirintis kok, Om Rian….

Ternyata sebetulnya banyak juga para peneliti Indonesia yang perduli dan berpikir Open Mind pada potensi  pengembangan baterai Thorium sebagai energi alternatif yang praktis dan ekonomis untuk mengatasi krisis energi di negara kita :

Tapi masalahnya begini. setelah masuk ke institusi resmi tersebut, apakah dijamin akan bebas dari kepentingan politik pihak-pihak yang terancam zona nyamannya? Masalah energi adalah masalah yang sensitif bagi pihak-pihak berkepentingan 🙂

divider

Catatan Tambahan :

Ada sebuah komunitas Kelompecabir (Kelompok Pencela dan Pencibir) Kang Dicky, namanya Hikmatul Iman Watch (HIW). Maaf ya kalau Admin sedikit membahas msalah ini di sini. Gimana lagi, abisnya mereka rajin pisan sih membentuk opini publik agar Kang Dicky dan Hikmatul Iman terlihat buruk di masyarakat.

Dalam hal ini pun, mereka berusaha membenturkan berbagai teori untuk membuktikan bahwa Inovasi Baterai Thorium Kang Dicky ini hoax. Mereka tidak punya pendapat teori sendiri yang ditelaah secara matang, modal mereka cuma men-copas teori-teori hasil Googling yang menyatakan bahwa Baterai Thorium ini hoax.

Arah permainan mereka sebetulnya sudah bisa ditebak… Begitu semua dalil teori ilmiah yang dibenturkan dengan karya nyata Kang Dicky sudah terbantahkan dan terbukti salah, maka HIW  akan segera mengeluarkan 4 Jurus Kepepet :

  1. Alihkan perhatian publik dari masalah utama
  2. Ganti topik pembicaraan, posting & broadcast topik lain
  3. Sudutkan Kang Dicky dari segi perbedaan tafsir
  4. Giring opini publik bahwa akidah Kang Dicky menyimpang…

Jurus Pamungkas HIW Ketka Semua Dalil Akal dan Logika Mereka Sudah Mentah

divider

Terakhir,  ini hanya intermezzo, anggap aja hiburan dari tetangga kita di tengah-tengah ngabuburit di akhir Ramadhan,atau di tengah-tengah perjalanan mudik pulang akang-teteh ke kampung halaman :

Pihak HIW Pundung mau laporin baterai sesat
Hallo… lagi pada ngomongin apa sih? he he….

Saking dengkinya, sepertinya, sebagus apapun yang dikeluarkan oleh Kang Dicky dan komunitasnya, pihak HIW selalu menggali hal apapun yang bisa dijadikan bahan celaan.

Pertanyaannya adalah : apakah sikap, perkataan, dan perbuatan HIW tersebut bermanfaat untuk kemajuan umat? 🙂

3 thoughts on “Baterai Thorium dari Inovator Asal Bandung – Fakta dan Tantangan”

  1. Di era media sosial saat ini saya lihat dari pihak Lanterha sudah bagus untuk menyajikan informasi2 faktual dari Lanterha. Mungkin ada bagusnya tulisan/artikel dibuat dalam bahasa Inggris juga agar jangkauannya lebih mendunia. Bisa dibuat team khusus untuk ini. Lebih banyak orang2 yg open mind diluar sana, tapi memang tantangannya juga jadi lebih banyak. Sukses selalu untuk Lanterha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Insert Captch *